Sunday, March 13, 2011

Gambar, bangun dan renovasi rumah: pemilihan material bangunan

Dalam membangun sebuah rumah, adalah penting sekali untuk memiliki material bangunan yang tepat dan cocok untuk rumah yang akan kita bangun atau renovasi.

Seringkali faktor ekonomi menjadi suatu tolok ukur di dalam kita membangun rumah ataupun merenovasi rumah. Yang dimaksud dengan faktor ekonomi dalam membangun rumah atau merenovasi rumah adalah faktor kesiapan ekonomi yang kita miliki dan kita rencanakan untuk dipakai dalam membangun atau merenovasi rumah.

Dana yang tersedia seringkali cukup terbatas sehingga kita harus berusaha seekonomis mungkin dalam membangun atau merenovasi rumah kita.

Pada dasarnya ini adalah hal yang lumrah sekali, karena siapapun pasti pernah berhadapan dengan persoalan yang berhubungan dengan keterbasan dana. Hanya saja kita harus memiliki suatu pandangan yang cukup lengkap dalam kaitan rumah yang akan dibangun atau direnovasi tersebut.

Adakalanya karena ingin menghemat biaya kita memilih bahan-bahan yang murah sebagai material bangunan kita. Misalnya, ketimbang memilih bata orang mungkin akan memilih batako yang harganya lebih murah dan ukurannya lebih besar sehingga untuk membangun 1 m2 rumah, dibutuhkan lebih sedikit kepingan batako ketimbang jika memakai bata merah.

Akan tetapi hendaknya kita menyadari bahwa setiap material bangunan punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bangunan yang dibangun dengan menggunakan batako biasanya lebih panas ketimbang jika memakai bata merah. Jika kita membangun sebuah bangunan yang tidak direncanakan sebagai tempat tinggal mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, namun jika kita ingin tinggal di dalam bangunan seperti itu maka akan menjadi persoalan, karena hawa panas tersebut tentu akan mengganggu kita.

Biasanya kita akan mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan AC, pendingin udara. Namun perlulah kita sadari, memakai batako memang bisa diatasi dengan AC, akan tetapi AC yang kita gunakan tersebut tentu akan bekerja lebih keras dibandingkan jika suhu ruangan tidak terlalu panas. Jika AC kita bekerja lebih keras, maka secara otomatis penggunaan listrik pun akan lebih banyak atau mahal. Rencana kita semula untuk menghemat biaya anggarana membangun rumah atau merenovasi rumah mungkin untuk sesaat terasa berhasil, namun jika dilihat secara keseluruhan rencana itu akhirnya tidak mencapai tujuan.

Gambar rumah, bangun rumah, renovasi rumah.
Hubungi 081310234297, kami siap membantu anda.

No comments:

Post a Comment